Select the search type
 
  • Site
  • Web
Search
 
08

Sebagaimana yang telah diketahui banyak orang, ginjal adalah termasuk organ dalam tubuh manusia yang sangat penting perannya bagi kesehatan tubuh. Ginjal, yang juga merupakan bagian dari saluran kandung kemih, memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dalam air seni. Air seni ini akan dikeluarkan lewat saluran kencing tubuh. Hal ini membuat air seni dapat digunakan sebagai pendeteksi terbaik jika seseorang mengalami gangguan pada ginjalnya.

Seorang pakar kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bernama dr. Parlindungan Siregar, SpPd-KGH, mengiyakan bahwa dengan tes air seni merupakan cara yang paling sederhana dan juga dapat dijamin keakuratannya dalam hal pendeteksian masalah pada ginjal.

Air seni yang normal biasanya berwarna kuning jernih hingga kuning pucat, namun ada beberapa jenis warna lainnya, khususnya jika anda ternyata memiliki masalah pada ginjal anda. Berikut adalah beberapa jenis air seni yang mengindikasikan bahwa ginjal dalam tubuh anda sedang mengalami gangguan.

  • Biasanya, jika seseorang mengalami gangguan ginjal, jumlah air seni yang dikeluarkan pun akan lebih sedikit dari biasanya. Namun jika gangguan ini masih pada tahap awal, hal ini tidak akan begitu terasa.
  • Jika warna air seni yang dikeluarkan saat anda buang air kecil mulai berwarna kemerahan atau kecoklatan, mirip seperti minuman bersoda. Hal ini bisa berarti bahwa air seni anda mengeruh yang disebabkan karena adanya kemungkinan darah yang tercampur karena terjadi sebuah infeksi. Bahkan jika air seni anda memiliki busa, ada kemungkinan telah terjadi protein yang bocor dan tercampur keluar lewat air seni.
  • Saat melakukan tes urine, ternyata pada air seni anda terdapat eritrosit dan leukosit.

Jika telah terdapat tanda-tanda tersebut, ada baiknya anda mulai memeriksakan ginjal anda ke pakar kesehatan terdekat agar dapat mengetahui langkah terbaik untuk kesehatan tubuh anda selanjutnya.


Sumber: http://doktersehat.com/ciri-air-seni-para-penderita-gangguan-ginjal/#ixzz2bZYnsKBY
Posted in: Health News

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Only registered users may post comments.