COMMUNITY FAIR PERTAMA YANG DISELENGGARAKAN DI INDONESIA
29 Mei 2017

Kalbe Ethical Customer Care (KECC) pada tanggal 30 April 2017 mengadakan acara Kalbe Community Fair 2017 (KCF) di Ecovention Hall – Ancol, Jakarta Utara. Acara yang pertama kali diadakan di Indonesia ini merupakan acara gabungan komunitas kesehatan terutama komunitas ginjal, kanker, hepatitis, dan komunitas lansia lainnya. Tujuan acara ini adalah untuk memberikan edukasi kesehatan terkait penyakit ginjal, kanker, hepatitis dan kesehatan pada lansia, serta untuk menciptakan keakraban di antara anggota komunitas. Selain itu dalam acara ini, juga dilakukan peluncuran kemasan baru dari produk-produk nutrisi PT Kalbe Farma, Tbk (Kalbe), seperti Nephrisol, Nephrisol-D, Hepatosol, Nutrican, Entramix dan  nutrisi lainnya.

Acara ini mengundang sekitar 50 komunitas di Jabodetabek, di antaranya Indonesia Kidney Care Club (IKCC), Indonesia Cancer Care Community (ICCC), Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Komunitas Peduli Hepatitis, dan komunitas lansia lainnya. Sekitar 3,000 orang turut memeriahkan acara ini. 

Acara dimulai di pagi hari dengan senam sehat bersama. Acara ini resmi dibuka oleh Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K), selaku Menteri Kesehatan Republik  Indonesia dan Ibu Irawati Setiady selaku Presiden Direktur PT Kalbe Farma, Tbk., berserta jajaran manajemen Kalbe antara lain Bpk. Michael Buyung Nugroho (Pharma Direktur), Bpk. Ridwan Ong (Marketing Direktur), Bpk. Johannes Suthya (Marketing Direktur), Bpk. Mulia Lie (Marketing Direktur PT Hexpharm Jaya), serta Ibu Linda dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) menyambut dengan baik atas diadakannya acara KCF ini karena acara ini sejalan dengan program Pemerintah, yaitu meningkatkan kesehatan masyarakat, yang juga dikenal dengan istilah GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Beliau juga mengingatkan akan pentingnya menjaga pola hidup sehat, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Ibu Irawati Setiady juga memberikan sambutan yang positif dan sesuai arahan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, acara ini diharapkan dapat bermanfaat, mengingat melalui acara ini semua komunitas dapat saling bertemu dan berinteraksi. Beliau juga menyebutkan komitmen Kalbe yang akan terus menghasilkan produk-produk kesehatan terbaik untuk segala kalangan.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan peluncuran kemasan baru produk-produk nutrisi medis seperti Nephrisol dan Nephrisol-D sebagai nutrisi untuk pasien ginjal, Hepatosol sebagai nutrisi untuk pasien gangguan hati, Nutrican sebagai nutrisi untuk pasien kanker, Entramix sebagai nutrisi seimbang untuk lansia dan nutrisi lainnya.

Edukasi kesehatan dihadirkan dengan topik-topik yang menarik bersama narasumber dokter dan ahli gizi. Topik yang diangkat antara lain:

  1. ”Menjaga Kualitas Hidup Pasien PGK dengan Pengaturan Asupan Gizi yang Tepat” yang dibawakan oleh Dr. Tunggul D Situmorang, Sp.PD-KGH dan Ibu Fitri H., SGz, MKM, RD
  2. “Penyakit Hati dan Nutrisi Tepat pada Pasien dengan Penyakit Hati” yang dibawakan oleh Dr. dr. Rinaldi AL., SpPD-KGEH, FACP, FACG, FINASIM dan Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK (K).
  3. “A Good Nutrition Can Help Beat Cancer” yang dibawakan oleh dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SPGK
  4. “How to be an Active and Productive Senior?” yang dibawakan oleh Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-Kger, M.Epid, FINASIM dan dr. Ida Gunawan, M.S, SpGK.

 

Selain itu, peserta KCF dapat melakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis di booth-booth yang tersedia. Acara ditutup dengan Community Talent Show di mana para peserta diberi kesempatan menunjukkan kemampuannya dalam bernyanyi, menari, dan sebagainya. Tak ketinggalan, panitia juga membagikan banyak doorprize di akhir acara. Sampai bertemu di acara-acara berikutnya.