Cara Sederhana untuk Menemukan Kekuatan dalam Hidup
29 Juni 2018

Kak Obaja Hanur, pasien

 

Banyak DM (Direct Message di sosial media) dengan pertanyaan yang hampir mirip, bunyinya "Kok bisa kamu sekuat itu sih? Bagaimana caranya?"

Kalau Bapak/ Ibu pernah mendengar dari motivator atau life coach yang mengatakan kekuatan terbesar kita berasal dari dalam diri. Bukan dari luar. Catet, itu benar.

Beberapa tulisan saya di postingan-postingan sebelumnya pun mengisahkan teori tersebut.

 

Tapi kalau ada yang bertanya “Bagaimana caranya?” ini yang paling sederhana.

 

BERDAMAILAH DENGAN DIRIMU

Ada banyak orang kehilangan semangat ketika mereka mulai menyalahkan dirinya.

Ada banyak orang kehilangan harapan ketika mereka tidak menerima keadaannya.

Hal paling sederhana untuk menemukan kekuatan kita adalah berdamai dengan diri sendiri terlebih dahulu.

Kenapa harus? Coba untuk memikirkan hal ini:

  • Kalau bukan dengan tubuh ini, lalu dengan tubuh siapa kita akan hidup?
  • Kalau bukan dengan jiwa ini, lalu dengan jiwa siapa kita semangat?
  • Kalau bukan dengan mental ini, lalu dengan mental siapa kita berharap menang?

 

Ketika saya divonis gagal ginjal, pertama kali yang ada dalam pikiran saya adalah saya tidak terima, saya menyalahkan diri sendiri, saya membenci keadaan saya. Dan itu tidak merubah apapun. Bahkan memperburuk keadaan.

Tapi ketika saya berdamai dengan diri saya, keadaan berubah. Meski sakit tetap sakit tidak berubah sembuh tapi semangatnya berubah, harapannya berubah, kekuatannya berubah. Menjadi lebih baik.

Sebuah perumpamaan sederhana yang bisa kita renungkan, ketika kita tahu bahwa Tuhan memberi waktu 10 tahun lebih lama, apakah kita akan menghabiskannya dengan meratap? Bukankah lebih baik kita berdamai dengan diri sendiri lalu mencetak jejak hidup yang terbaik :)

Berhenti merasa gagal, berhenti merasa kurang, berhenti menyalahkan diri sendiri, berhenti membenci keadaan, berhentilah sekarang, mulailah berdamai dengan dirimu. Dengan tubuhmu. Dengan jiwamu. Mulailah memaknai dirimu. Mulailah menganggap dirimu. Mulailah menghargai dirimu. Bahwa kita bisa melakukan yang terbaik. Kita bisa merubah keadaan menjadi lebih baik.

Hidup terlalu singkat hanya untuk membenci diri sendiri. Berdamailah. Selain menemukan kekuatan, itu akan memperbaiki keadaan.

CERITA LAINNYA