BERAPA BANYAK AIR YANG SEBAIKNYA DIMINUM SETIAP HARI?

Berapa banyak air yang sebaiknya diminum setiap hari? Penelitian selama beberapa tahun terakhir telah merekomendasikan banyaknya air yang sebaiknya diminum setiap harinya, namun kebutuhan air setiap individu berbeda-beda, faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain: kesehatan individu itu sendiri, aktivitas yang dilakukan dan keadaan tempat dimana Anda tinggal (meliputi cuaca, ketinggian lokasi, kelembaban).

Rekomendasi Harian

Institute of Medicine menyarankan pria untuk mengkonsumsi 3 L (13 gelas) dan perempuan mengkonsumsi 2,2 L (9 gelas) dari total minuman setiap harinya.

Kecukupan asupan air dapat dinilai dengan warna urin berwarna jernih atau kuning jernih. Pada keadaan normal jumlah urin saat siang hari lebih banyak dibandingkan yang dikeluarkan pada waktu malam (karena pada siang hari kita cenderung untuk lebih banyak minum). Rata-rata volume urin orang dewasa adalah sebanyak 1,5 L sehari, tetapi tergantung juga dari jumlah asupan air dari masing-masing individu. Secara prinsip, makin banyak air yang diminum, maka individu tersebut akan semakin sering kencing.

Selain melalui urin, air yang dikonsumsi juga dapat dikeluarkan melalui pernafasan, keringat dan pergerakan usus. Makanan biasanya menyumbangkan 20% dari jumlah total air yang diperlukan.

Sumber Gambar

http://www.milliaster.com/crush-your-hunger-with-water/

http://a57.foxnews.com/images.foxnews.com/content/fox-news/health/2016/03/18/is-it-ok-to-drink-old-water-in-your-water-bottle/_jcr_content/par/featured-media/media-0.img.jpg/876/493/1458158138852.jpg?ve=1&tl=1