POLA MAKAN UNTUK MEMELIHARA KESEHATAN GINJAL

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berperan penting untuk membuang zat-zat yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui urin. Gangguan yang dialami ginjal akan mengganggu kesehatan tubuh. Oleh karenanya, menjaga kesehatan ginjal merupakan hal yang sangat penting agar tubuh kita senantiasa dalam keadaan yang sehat.

Ada banyak makanan yang dianjurkan untuk membantu dalam menjaga kesehatan ginjal maupun membantu mencegah terjadinya penyakit ginjal. Penyakit ginjal dapat disebabkan karena berbagai faktor, seperti pola makan, penyakit degeneratif (seperti darah tinggi, kencing manis), infeksi ataupun penyakit bawaan. Dari faktor-faktor tersebut, penyebab paling sering menyebabkan penyakit ginjal adalah pola makan yang tidak sehat.


Pola makan yang tidak sehat ini dapat menyebabkan penyakit seperti darah tinggi atau diabetes yang jika tidak terkontrol dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan ginjal.

 

 

Pola makan dan minum yang baik untuk memelihara kesehatan ginjal adalah:


  1. Minum air putih dalam jumlah yang cukup

    Dengan air putih, kinerja ginjal di dalam tubuh akan menjadi semakin baik. Selain menjaga kesehatan ginjal, air putih juga sangat penting untuk memelihara organ-organ tubuh yang lain mulai dari mata, kulit, jantung, hati dan lain-lain. Kebutuhan air yang normal untuk tubuh sekitar 2-3 L/ hari. Tetapi kebutuhannya dapat meningkat pada kondisi tertentu, seperti demam, diare, muntah, dan suhu lingkungan yang tinggi.




  2. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam

    Kandungan garam dalam jumlah berlebih di makanan akan membuat ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dalam jumlah yang cukup (tidak berlebihan).




  3. Diet Seimbang

    Yang dimaksud dengan diet seimbang adalah jumlah asupan makanan yang masuk sesuai dengan kebutuhan tubuh/ aktivitas yang dilakukan. Sebaiknya menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan gula secara berlebihan, disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi serat. Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal beserta organ yang lainnya, karena kedua sumber makanan tersebut memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan zat besi.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Cara menjaga kesehatan ginjal. [Internet]. [cited 2016 December 7th ].
    Available from:  http://manfaatnyasehat.com/cara-menjaga-kesehatan-ginjal/.


  2. Kidney friendly diet for CKD. [Internet]. [cited 2016 December 7th ].   Available from:http://www.kidneyfund.org/kidney-disease/chronic-kidney-disease-ckd/kidney-friendly-diet-for-ckd.html?referrer=https://www.google.co.id/.

 

 

SUMBER GAMBAR

http://www.clinicalasvegas.com/blog/inocuidad-de-los-alimentos-de-que-se-trata/
http://mommysavers.com/16-reasons-to-drink-water/
http://www.npr.org/sections/thesalt/2013/05/15/183883415/eating-much-less-salt-may-be-risky-in-an-over-salted-world
https://thehairpin.com/women-laughing-alone-with-salad-9c3f2f350ef6#.1taftg99l