DR. WILLEM JOHAN KOLFF (DR. KOLFF) DAN PENEMUANNYA

Willem Johan Kolff (Dr. Kolff) dikenal sebagai bapak dari pengembangan organ buatan. Beliau menemukan jantung dan ginjal buatan pertama menggunakan kaleng jus jeruk, auto part bekas dan sausage casing.

Dr. Kolff lahir di Leyden, Belanda pada 14 Februari 1911. Beliau menerima gelar kedokteran dari Universitas Leiden pada tahun 1938 dan pada 1946 menerima gelar doktor penyakit dalam dari Universitas Groningen. Pada institusi terakhirnya, Dr. Kolff menyaksikan kematian dari pria muda yang menyakitkan akibat gagal ginjal. Pengalaman ini membuat Dr. Kolff tertarik pada pengembangan organ buatan dan menginspirasi Beliau untuk membuat ginjal buatan. Prototipe mesin hemodialisis yang dibuat berukuran besar sehingga memenuhi seluruh ruangan dan berbentuk menyerupai bak mandi besar merupakan penyelamat jutaan nyawa di seluruh dunia sejak tahun 1945 (Gambar terlampir). Dr. Kolff juga mendirikan bank darah pertama di Eropa. Beliau juga mendanai semua pekerjaan dasarnya di Belanda.

Selama perang dunia ke-2, setelah Jerman menduduki Belanda, Dr. Kolff secara aktif menolak pendudukan tersebut. Beliau menyembunyikan lebih dari 800 orang di rumah sakitnya untuk menyelamatkan mereka dari Nazi. Setelah perang, terlepas dari ketidaksukaannya terhadap Nazi, dia mencontohkan semangat Sumpah Hipokrates dengan menangani penyakit Maria Schafstadt, simpatisan Nazi, dengan ginjal tiruan.

Pada tahun 1950, Dr. Kolff berimigrasi ke Amerika Serikat dan bergabung dengan Cleveland Clinic di Ohio. Di Departemen Organ Buatan, Beliau mengembangkan oksigenator membran, yang masih merupakan bagian penting dari sirkuit bypass kardiopulmoner selama operasi jantung terbuka. Pada tahun 1967, Dr. Kolff bergabung dengan Universitas Utah dan memimpin Divisi Organ Buatan sebagai direktur Institute of Biomedical Engineering. Selama jabatannya ini, Beliau bekerja untuk menciptakan plasenta, paru-paru, dan mata buatan.

Pada awal tahun 1980-an, Dr. Kolff menarik perhatian publik secara luas untuk mengembangkan jantung buatan total Jarvik, yang masih digunakan sebagai jembatan untuk transplantasi. Dia adalah seorang pria tanpa pamrih, yang menamai model jantung buatannya setelah nama rekan kerjanya, yaitu Dr. Robert Jarvik. Pada tahun 1982, Dr. Barney Clark menjadi orang pertama yang menerima jantung buatan Jarvik, walaupun akhirnya meninggal karena kegagalan beberapa organ 112 hari kemudian, namun jantung Jarvik masih berfungsi.

Dr. Kolff bukan hanya peneliti inovatif tapi juga seorang mentor yang menginspirasi. Pada tahun 1961, salah satu trainee-nya, Dr. Domingo Liotta, menjadi pemeriksa di Baylor College of Medicine di Houston. Dr. Liotta kemudian merancang jantung buatan total pertama yang ditanamkan pada manusia. Dr. Liotta dan timnya menanamkan pompa itu ke Haskell Karp pada bulan April 1969.

Selama karirnya yang luar biasa, Dr. Kolff menerbitkan lebih dari 600 buku, artikel jurnal dan menerima banyak penghargaan dan penghormatan. Beliau adalah pendiri American Society of Artificial Internal Organ. Pada tahun 1975, Beliau menjadi penerima penghargaan Ray C. Fish keempat dari Texas Heart Institute di Rumah Sakit Episkopal St. Luke. Sebagai penerima lebih dari 12 gelar doktor kehormatan, Beliau juga menerima Penghargaan Ilmiah bergengsi dari American Medical Association pada tahun 1982 dan Albert Lasker Award untuk penelitian medis klinis pada tahun 2002. Selanjutnya, Beliau dimasukkan ke dalam National Inventor Hall of Fame dan menjadi salah satu dari "100 Orang Amerika yang Paling Penting di Abad ke-20" oleh Life Magazine.

Dr. Kolff wafat pada 11 Februari 2009, 3 hari sebelum hari ulang tahunnya yang ke-98. Beliau meninggalkan 5 orang anak, 12 cucu, dan 6 cicit. Walaupun Beliau telah wafat, namun penemuan perintisnya telah menyelamatkan jutaan nyawa, dan warisannya akan terus mengilhami penemu medis masa depan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

In Memoriam Willem Johan Kolff 1911-2009. [Internet]. [cited 2017 August 4th ].   Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2676591/  

Willem Johan Kolff, the Inventor of Kidney Dialysis. [Internet]. [cited 2017 August 4th ].   Available from: http://www.kidneydialysis.org.uk/inventor-of-dialysis.htm

 

SUMBER GAMBAR

https://s3-us-west-2.amazonaws.com/find-a-grave-prod/photos/2009/43/33784822_123454340653.jpg

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9b/KolfDrumKidney.jpg/200px-KolfDrumKidney.jpg