GATAL BIKIN GAGAL FOKUS

Gatal adalah manifestasi yang sangat mengganggu kualitas hidup pasien ginjal kronik. Keluhan ini dialami 60-80 % pasien ginjal dengan lokasi gatal tersebar atau terlokalisasi (pada bagian tubuh tertentu seperti punggung dan lengan bagian atas), menyebabkan menurunnya kemampuan berfokus dalam aktivitas, karena kerap kali harus sering menggaruk, dan mengganggu waktu tidur pasiien ginjal.

 

Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan terjadinya rasa gatal (dikenal dengan istilah pruritus) pada pasien ginjal, penyebab utama karena tingginya kadar toksin ureum di dalam tubuh yang dapat tertimbun di kulit dan menyebabkan tubuh melepaskan suatu zat yang bernama histamin yang akan menstimulasi sensasi gatal di kulit. Tingginya kadar hormon paratiroid dan fosfat dalam tubuh, kulit yang kering, anemia, alergi terhadap obat tertentu, meningkatnya kadar kalium dan magnesium, serta kulit yang kering juga dapat menjadi faktor lain sebagai penyebab timbulnya gatal pada pasien ginjal.

 

Untuk mengatasi rasa gatal, terapi tentunya ditujukan dalam mengatasi faktor-faktor pencetus tersebut. Kadar toksin ureum, kalium, dan magnesium yang tinggi dapat dieliminasi dengan melakukan prosedur dialisis secara teratur. Selain itu obat-obat mengikat kalium dan fosfat juga seringkali diresepkan dokter untuk menjaga keseimbangan kedua mineral ini. Pemberian antihistamin dapat mengurangi pelepasan histamin sehingga stimulasi pada saraf yang menyebabkan sensasi gatal dapat berkurang. Sedangkan terapi EPO dilakukan dalam memperbaiki kondisi anemia. Kondisi kulit yang kering dapat diperbaiki dengan memberikan pelembab dan menjaga kecukupan asupan cairan. Hindari menggaruk terlalu keras karena dapat menimbulkan luka yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi kulit.

 

DAFTAR PUSTAKA

1.         Combs SA, Teixeira JP, Germain MJ. Pruritus in Kidney Disease. Semin Nephrol. 2015 Jul;35(4):383–91.

2.         Berger TG, Steinhoff M. Pruritus and Renal Failure. Semin Cutan Med Surg. 2011 Jun;30(2):99–100.

 

SUMBER GAMBAR

https://www.freepik.com/premium-photo/woman-with-itchy-skin-problem_2139118.htm#term=itch&page=1&position=9