KANKER GINJAL

Kanker ginjal (disebut juga dengan kanker sel renal atau adenokarsinoma sel renal) merupakan suatu penyakit di mana sel-sel kanker ditemukan pada tubulus ginjal. Tubulus ginjal adalah bagian yang berperan dalam penyaringan darah dan produksi urin. Penyakit ini termasuk jenis kanker ginjal yang sering dijumpai pada orang dewasa, dijumpai sekitar 90-95% dari keganasan yang berasal dari ginjal dan 3% dari keganasan pada dewasa. Gejala awal penyakit ini jarang dijumpai dan penyakit ini resisten terhadap radiasi dan kemoterapi. Sebagian besar pasien dengan kanker ginjal adalah pasien lanjut usia, rata-rata pasien didiagnosis pada usia 64 tahun. Kanker ginjal sangat jarang dijumpai pada usia kurang dari 45 tahun.

 

Sesuatu yang meningkatkan risiko terkena suatu penyakit dikenal sebagai faktor risiko. Faktor risiko kanker ginjal adalah merokok, penyalahgunaan obat anti-nyeri yang dapat dibeli bebas dalam waktu lama, berat badan berlebih, memiliki tekanan darah tinggi, pajanan dengan bahan-bahan kimia di tempat kerja (mis logam cadmium), memiliki riwayat kanker ginjal dalam keluarga, menderita penyakit ginjal stadium lanjut, dan memiliki penyakit genetik tertentu seperti sindrom Von Hippel-Lindau.

 

Pada stadium awal, tanda dan gejala kanker ini mungkin tidak dijumpai. Tanda dan gejala dapat muncul seiring dengan bertumbuhnya tumor. Segera konsultasi dengan dokter jika memiliki tanda dan gejala seperti berikut:

  • Ada darah di urin
  • Benjolan pada perut
  • Nyeri pada satu sisi yang tidak menghilang
  • Hilangnya nafsu makan
  • Penurunan berat badan yang tidak diketahui
  • Anemia

 

Untuk mendiagnosis kanker ginjal, terdapat beberapa pemeriksaan dan prosedur yang dapat dilakukan oleh dokter yaitu:

  • Pemeriksaan fisik dan riwayat penyakit: dokter akan memeriksa adanya benjolan ataupun tanda-tanda yang tidak biasa serta menanyakan kebiasaan dan riwayat penyakit pasien.
  • Pemeriksaan ultrasound
  • Pemeriksaan darah
  • Urinalisis: pemeriksaan untuk memeriksa warna urin dan komponen lainnya seperti gula, protein, sel darah merah, dan sel darah putih
  • CT scan dan MRI: untuk mendapatkan gambaran lebih detil.
  • Biopsi: pengangkatan sedikit jaringan untuk dilakukan pemeriksaan di bawah mikroskop untuk melihat adanya tanda-tanda kanker.

 

Setelah sel kanker ditemukan, dokter akan menentukan stadium tumor untuk menentukan seberapa besar pertumbuhan tumor dan apakah sudah ada penyebaran ke organ lain atau tidak. Selain itu, derajat tumor juga akan ditentukan untuk melihat seberapa cepat pertumbuhan sel kanker. Stadium dari kanker ginjal ada 4, yaitu:

-Stadium I: tumor terbatas pada ginjal dan ukurannya kurang dari 7 cm. Belum ada penyebaran ke kelenjar getah bening atau organ lain.

-Stadium II: tumor terbatas pada ginjal dan ukurannya lebih dari 7 cm. Belum ada penyebaran ke kelenjar getah bening atau organ lain.

-Stadium III: terdapat berbagai ukuran tumor dengan penyebaran ke kelenjar getah bening atau ke pembuluh darah besar tetapi belum menyebar ke organ lain.

-Stadium IV: terdapat berbagai ukuran tumor, penyebaran ke kelenjar getah bening, serta ada penyebaran ke organ lain.

 

Stadium penyakit yang ditentukan dan pemilihan terapi termasuk faktor-faktor yang menentukan harapan hidup pasien. Five-year survival rate (persentase pasien yang bertahan hidup dalam 5 tahun) pada stadium I dan II adalah 93%, III adalah 69%, dan IV adalah 12%. Terapi yang diberikan untuk pasien kanker ginjal tergantung pada beberapa hal seperti stadium dan derajat tumor, usia, dan kondisi pasiennya. Pilihan terapi yang dapat diberikan adalah pembedahan, terapi target (terapi yang targetnya terutama pada sel-sel kanker), imunoterapi (menggunakan sistem pertahanan tubuh untuk membunuh sel kanker), kemoterapi, dan radiasi. Setelah terapi diberikan, dokter akan menjadwalkan kunjungan dan pemeriksaan untuk memantau pertumbuhan kembali sel kanker.

 

Kabar baiknya adalah ada beberapa cara untuk menurunkan risiko terkena kanker ginjal seperti berhenti merokok, mempertahankan berat badan yang sehat (tidak berlebih) dan memilih diet tinggi buah dan sayur, menjaga agar tekanan darah tidak tinggi, dan menghindari pajanan bahan kimia pada tempat kerja. 

 

Daftar Pustaka:

  1. Renal cell cancer treatment. National Cancer Institute [Internet]. 2019 Jan 18 [cited 2019 March 29]. Available from: https://www.cancer.gov/types/kidney/patient/kidney-treatment-pdq#_1
  2. Kidney cancer. American Cancer Society [Internet]. 2019 [cited 2019 March 29]. Available from: https://www.cancer.org/cancer/kidney-cancer.html
  3. Sachdeva K. Renal cell carcinoma. Medscape [Internet]. 2019 Feb 21 [cited 2019 March 29]. Available from: https://emedicine.medscape.com/article/281340-overview#a1
  4. Kidney cancer. Urology Cancer Foundation [Internet]. 2019 [cited 2019 March 29]. Available from: https://www.urologyhealth.org/urologic-conditions/kidney-cancer#Treatment

 

Sumber Gambar:

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/05/31/481/1904901/ini-5-tanda-anda-terkena-kanker-ginjal