KEBAS YANG BIKIN WAS-WAS

Apakah tangan, jari-jari atau bahkan daerah tubuh tertentu Anda sering terasa kebas-kebas? Jika iya, waspadalah itu merupakan salah satu sensasi nyeri neuropatik. Lalu apa itu nyeri neuropatik? Mari kita kenali dan ketahui penyebabnya.

Nyeri neuropatik adalah nyeri yang disebabkan oleh adanya bagian saraf yang mengalami luka baik itu saraf tepi (seluruh tubuh), maupun saraf pusat (otak). Sensasi yang muncul saat nyeri timbul, bervariasi meliputi rasa kesemutan, terbakar, nyeri saat disentuh ringan, rasa seperti kesetrum listrik, rasa dingin atau panas, dan kebas.

Tahukah Anda apa penyebab nyeri neuropatik itu? Pada umumnya, disebabkan oleh penyakit dasarnya seperti diabetes, penyakit hati kronis, post herpes, kusta, penyakit ginjal stadium akhir dan autoimun di mana sebagian besar penyakit-penyakit ini menyerang saraf sensorik/perasa. Namun, jangan takut, bisa jadi keluhan kebas Anda hanya disebabkan oleh kekurangan vitamin B6 dan B12 di mana kedua vitamin ini merupakan golongan vitamin yang bersifat neuropatik, yang berperan dalam metabolisme energi untuk saraf dan pembelahan/regenerasi sel-sel saraf, terutama saraf tepi yakni sensorik.

Lalu Bagaimana Korelasi Kebas dengan Penyakit Ginjal Kronis ya?

Perlu Anda ketahui bahwa kebas termasuk dalam komplikasi umum saraf pada penyakit ginjal kronis, selain stroke dan gangguan kognitif. Hal ini terjadi karena ginjal gagal membuang keluar fosfat sehingga kadar fosfat dalam darah meningkat dan membentuk produk kalsium-fosfat, yang akhirnya terjadi kalsifikasi atau pengerasan pada pembuluh darah.

Aliran darah terganggu pada pembuluh darah yang mengeras sehingga otak dan saraf tidak mendapat pasokan nutrisi dan oksigen yang cukup, akibatnya timbullah kerusakan pada otak dan saraf dan terjadilah sensasi kebas (salah satunya). Anda harus tahu bahwa Otak dan Ginjal adalah organ tubuh akhir yang butuh volume aliran darah lebih tinggi dari pada organ sekitarnya untuk metabolisme sel mereka. 

Maka itu, apabila merasakan kebas-kebas, segeralah periksa ke dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebab utama rasa kebas tersebut. Bisa jadi kebas itu adalah bagian dari komplikasi penyakit ginjal Anda.

 

Daftar Pustaka :

  1. Colloca L, Ludman T, Bouhassira D, Baron R, Dickenson AH, Yarnitsky D et al. Neuropathic pain. Nat Rev Dis Primers. 2017;3:17002.
  2. Azhary H, Farooq MU, Bhanushali M, Majid A, Kassab MY. Peripheral Neuropathy: Differential Diagnosis and Management. American Family Physician. 2010;81(7).
  3. Arnold R, Issar T, Krishnan AV, Pussell BA. Neurological complications in chronic kidney disease. Journal of the Royal Society of Medicine Cardiovascular Disease. 2016;5:1-13.

 

Sumber Gambar :

https://www.panduanbpjs.com/penyebab-kesemutan-pada-tangan-dan-kaki/