MEMINUM ANTIBIOTIK SECARA BERLEBIHAN DAPAT MENINGKATKAN RISIKO PENYAKIT BATU GINJAL

Selama ini, dokter telah memperingatkan tentang beberapa bahaya penggunaan antibiotik yang berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan antibiotik yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal, terutama pada anak dan remaja. Penyakit batu ginjal adalah bongkahan zat padat yang keras yang terbentuk di dalam ginjal dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa ketika batu tersebut tersangkut saat bergerak melalui saluran kemih.

Ditemukan bahwa terdapat lima golongan antibiotik yang dikaitkan dengan risiko penyakit batu ginjal yang lebih tinggi apabila diminum selama 3 sampai 12 bulan, yaitu : golongan antibiotik sulfa, cephalosporin, fluoroquinolone, nitrofurantoin, dan penicillin spektrum luas. Risiko timbulnya penyakit batu ginjal terkait dengan penggunaan antibiotik tersebut meningkat masing-masing secara berurutan sebesar 2,3 kali, 1,9 kali, 1,7 kali, 1,7 kali, dan 1,3 kali. Risiko menurun seiring berjalannya waktu namun tetap tinggi dalam tiga hingga lima tahun setelah penggunaan antibiotik terkait.

Antibiotik diketahui mampu mengubah komposisi bakteri baik dalam tubuh, termasuk usus. Gangguan pada bakteri baik di usus dan saluran kemih telah dikaitkan dengan batu ginjal, di antaranya yaitu bakteri Oxalobacter formigenes yang tumbuh di usus. Bakteri ini dikenal dapat melindungi manusia terhadap jenis penyakit batu ginjal tertentu.

Para peneliti juga menemukan bahwa risiko tertinggi untuk timbulnya penyakit batu ginjal adalah pada anak dan remaja. Hal ini dikarenakan usia anak dan remaja merupakan waktu yang rentan di mana bakteri baik usus sedang berkembang dan mungkin lebih rentan terhadap paparan antibiotik.

Temuan ini bukan berarti bahwa antibiotik tidak boleh digunakan, namun menunjukkan pentingnya untuk mencegah penggunaan antibiotik yang tidak tepat, terutama bagi orang yang mungkin sebelumnya sudah berisiko lebih tinggi terkena penyakit batu ginjal, seperti yang memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tersebut.

 

Daftar Pustaka :

Lee K. Antibiotics May Raise Risk of Developing Kidney Stones, Says New Study. [Internet] 2018 [Cited 2019 December 12]. Available from:https://www.everydayhealth.com/kidney-stones/antibiotics-may-raise-risk-developing-kidney-stones/

 

Daftar Gambar :

https://disruptionhub.com/antibiotic-resistance-technology/