MIMISAN PADA PASIEN GINJAL

Mimisan atau dalam istilah medis disebut epistaksis adalah keluarnya darah dari salah satu atau kedua lubang hidung. Mimisan merupakan salah satu gejala yang terkadang dialami oleh pasien penyakit ginjal kronik (PGK), khususnya bagi yang telah memasuki tahap lanjut dan menjalani prosedur hemodialisis.

 

Penyebab

Berikut beberapa penyebab yang dapat mencetuskan terjadinya mimisan pada pasien PGK:

  1. Tingginya toksin/ racun (seperti toksin uremik) dalam tubuh. Ginjal berperan dalam proses pengeluaran toksin dalam tubuh, pada saat fungsinya terganggu kadar toksin menjadi meningkat dan mengganggu proses pembekuan darah.
  2. Penggunaan obat anti pembekuan darah seperti heparin saat hemodialisis. Heparin berfungsi untuk mencegah darah membeku saat ditarik dari tubuh masuk ke dalam mesin hemodialisis, akan tetapi pemakaiannya memiliki risiko meningkatkan perdarahan termasuk mimisan.
  3. Konsumsi obat-obatan antiinflamasi (anti radang) non steroid (AINS/ NSAID) seperti aspirin juga meningkatkan risiko perdarahan.
  4. Hipertensi. Kondisi hipertensi yang sering dialami pasien PGK menyebabkan kerusakan selaput lendir hidung, meningkatnya tahanan dan pecahnya pembuluh darah di dalam hidung.

 

Tips saat terjadi mimisan

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan saat terjadi mimisan:

  1. Duduk tegak dan ujung kepala sedikit ke depan. Jangan menengadahkan kepala karena hal ini dapat menyebabkan darah mengalir ke bagian belakang tenggorokan, dan membuat darah tertelan. Menelan darah bisa mengiritasi lambung dan menyebabkan muntah, muntah bisa membuat perdarahan memburuk atau kembali terjadi lagi. Keluarkan semua darah yang terkumpul di mulut dan tenggorokan daripada menelannya.

 

 

  1. Menggunakan ibu jari dan telunjuk untuk mencubit bagian lunak dari hidung selama lebih kurang 10 menit. Hidung terdiri dari bagian yang keras yaitu tulang dan bagian lunak yang tersusun dari tulang rawan. Mimisan biasanya terjadi di bagian tulang rawan.
  2. Bernapaslah melalui mulut selama mimisan terjadi.
  3. Kompres es pada hidung dan bagian sekitar pipi. Rasa dingin akan menyempitkan pembuluh darah dan membantu menghentikan pendarahan.
  4. Berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda apabila mimisan tidak berhenti atau terus terjadi berulang.

 

Pencegahan

Untuk mencegah mimisan terjadi berulang, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Bagi yang telah menjalani terapi pengganti ginjal, maka prosedur dialisis (baik hemodialisis atau dialisis peritoneal) harus dilakukan sesuai jadwal agar berbagai toksin yang dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah dapat tereliminasi.
  2. Mengontrol tekanan darah, apabila tekanan darah tinggi, minum obat antihipertensi secara teratur.
  3. Tidak mengorek lubang hidung terlalu sering atau menggosok hidung secara kasar.
  4. Menghindari berada pada tempat yang panas, udara panas menyebabkan pembuluh darah di hidung melebar dan mudah pecah.
  5. Meninggikan posisi kepala saat tidur dengan menggunakan ekstra bantal.
  6. Berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda, untuk menyesuaikan jenis atau dosis obat yang Anda minum sehingga meminimalkan risiko mimisan.

 

DAFTAR PUSTAKA

1.     Bleeding nose In Chronic Kidney Failure. [Internet]. [cited 2017 May 22nd]. Available from:  http://www.kidneyfailureweb.com/blood-system-symptoms/333.html

2.     Epistaxis in Chronic Kidney Failure What is The Treatment for It. .[Internet]. [cited 2017 May 22nd]. Available from: http://www.kidney-treatment.org/kidney-failure-treatment/1441.html.

3.     How to Prevent Nose Bleeds. [Internet]. [cited 2017 May 22nd]. Available from:  http://www.wikihow.com/Prevent-Nose-Bleed.

4.     How to Stop a Nosebleed. [Internet]. [cited 2017 May 22nd]. Available from:  http://www.webmd.com/first-aid/how-to-stop-a-nosebleed.

5.     Nose Bleed And CKD: Causes and Treatment. [Internet]. [cited 2017 May 22nd]. Available from:  http://www.renaldiseases.org/ckd-symptoms/1244.html.

 

SUMBER GAMBAR

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/1081482/big/006522400_1449818124-mimisan.jpg

http://assets.kompas.com/data/photo/2014/12/03/2237109shutterstock-196163300780x390.jpg