OH MY GOUT!

Gout (asam urat) adalah penyakit radang sendi yang disebabkan karena penumpukan kristal monosodium urat di sendi dan jaringan. Hampir 40% pasien dengan gout juga memiliki gangguan ginjal kronik. Kejadian gout juga meningkat seiring dengan penurunan fungsi ginjal. Ginjal berfungsi mengeluarkan zat-zat sisa yang tidak lagi dibutuhkan tubuh, seperti asam urat, karena fungsinya berkurang, maka ginjal tidak bisa lagi mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan itu secara maksimal sehingga terjadi penumpukan di dalam tubuh.

 

Dalam menurunkan serum asam urat ini, diperlukan kombinasi obat bersama dengan gaya hidup dan pengaturan asupan makanan yang mendukung. Tujuan utama dari perubahan gaya hidup dan pengaturan asupan makanan ini adalah untuk mencapai mengontrol kadar asam urat dan menjaga agar tubuh tetap sehat.  Perbaikan gaya hidup ini meliputi penurunan berat badan (pada pasien dengan berat badan berlebih), olahraga yang teratur, menghindari rokok dan minum air putih dalam jumlah yang cukup. Semua pasien gout juga harus membatasi konsumsi makanan tinggi purin seperti jeroan (otak, hati, jantung), seafood, bebek, serta minuman beralkohol terutama bir. Minuman bersoda dengan fruktosa juga harus dihindari.

 

Obat-obatan diuretik (yang meningkatkan produksi urin) dapat menyebabkan penumpukan kadar asam urat di dalam darah, sehingga penggunaannya harus dibatasi atau dihentikan jika tidak diperlukan. Untuk mengontrol gout pada pasien ginjal, dapat digunakan obat golongan penghambat enzim xanthine oxidase yaitu allopurinol dan febuxostat. Obat-obatan lain seperti probenecid boleh diberikan jika pasien masih memiliki bersihan kreatinin diatas 50 mL/menit.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Choi HK, Mount DB, Reginato AM, et al. Pathogenesis of gout. Ann Intern Med. 2005;143:499-516.
  2. Krishnan E, Lienesch D, Kwoh CK. Gout in ambulatory care settings in the United States. J Rheumatol. 2008;35:498-501.
  3. KDOQI. KDOQI Clinical Practice Guidelines and Clinical Practice Recommendations for Diabetes and Chronic Kidney Disease. Am J Kidney Dis. 2007;49(2 Suppl 2):S12-S154.

 

 

SUMBER GAMBAR

https://www.freepik.com/free-photo/marathon-girl-recreation-young-spring_1088151.htm#term=healthy%20run&page=1&position=11