PENTINGNYA PROBIOTIK PADA PENYAKIT GINJAL KRONIS

Tahukah kamu bahwa toksin atau zat kimia beracun pada penyakit ginjal kronis, sebagian besar dihasilkan oleh kuman jahat (patogen) yang berasal dari saluran pencernaan kita? Mengapa bisa demikian ya?

Perlu diketahui bahwa pada penyakit ginjal kronis, sering terjadi peningkatan peregangan barier usus sehingga kuman patogen usus dengan mudah masuk ke dalam peredaran darah tubuh, termasuk toksin/zat racun yang dihasilkannya. Toksin itu yang akan memicu reaksi radang dan stres oksidatif di tubuh sehingga timbul komplikasi penyakit ginjal kronis, meliputi penyakit jantung dan pembuluh darah, anemia, gangguan metabolisme mineral serta progresi penyakit ginjal menjadi lebih agresif.

Lalu apa yang menyebabkan kuman patogen banyak di usus? Ternyata, terjadi produksi amonia yang meningkat dalam rongga usus, sehingga merubah pH usus menjadi lebih basa, menyebabkan kuman baik usus tidak dapat hidup dan terjadilah disbiosis atau ketidakseimbangan flora normal dalam usus (kuman jahat >>> kuman baik). Kuman baik yang menurun jumlahnya adalah jenis Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Pencegahan atau penanganan disbiosis ini, dapat diberikan suplemen sinbiotik (kombinasi probiotik yang berisi 2 jenis kuman tersebut dan prebiotik (FOS, GOS) sebagai serat dan pemicu pertumbuhan dan aktivitas probiotik dalam usus).Probiotik bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan saluran cerna, memiliki efek anti-radang, meningkatkan imunitas tubuh, memperbaiki peregangan barier usus yang berlebihan, menekan kuman patogen sehingga produksi toksin ditekan dan progresifitas penyakit ginjal diperlambat serta kesehatan jantung dapat terpelihara.

Oleh karena itu, mari rutin mengkonsumsi suplemen sinbiotik agar kualitas hidup Anda meningkat dan kestabilan kondisi penyakit ginjal Anda tetap terjaga optimal.

 

Daftar Pustaka :

1. Guldris SC, Parra EG, Amenos AC. Gut microbiota in chronic kidney disease. Nefrologia. 2017;37(1):9-19.

2. George M, Joseph L, George D. Role of prebiotic and probiotic in the management of chronic kidney disease patients. International Journal of Medical Research & Health Sciences. 2016;5(2):50-53.

3. Jia L, Jia Q, Yang J, Jia R, Zhang H. Efficacy of Probiotics Supplementation On Chronic Kidney Disease: a Systematic Review and Meta-Analysis. Kidney Blood Press Res. 2018;43:1623-35.

 

Sumber Gambar :

https://www.123rf.com/stock-photo/probiotics.html?sti=lpls2okavm0125wf8h|