PERLUKAH PASIEN GAGAL GINJAL MINUM SUPLEMEN KALSIUM?

Kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Mungkin manfaat kalsium yang paling kita kenal adalah sebagai penyusun tulang dan gigi, tetapi sebenarnya kalsium punya banyak sekali peran dalam tubuh, mulai dari memelihara fungsi jantung, sampai fungsi sel saraf.

Pasien dengan gangguan fungsi ginjal, ternyata mengalami gangguan penyerapan kalsium, artinya jumlah kalsium yang diserap melalui saluran cerna pasien dengan gangguan ginjal tidak sebanyak jumlah kalsium yang diserap melalui saluran cerna individu sehat.

Meskipun penyerapan kalsium di saluran cerna pada pasien gangguan ginjal berkurang, tetapi perlu diketahui bahwa ternyata pengeluaran kalsium melalui ginjal juga sangat berkurang. Akibatnya, secara total, apabila seorang pasien dengan gangguan fungsi ginjal mengkonsumsi makanan dengan asupan 800 mg kalsium per hari, didapatkan balance kalsium yang sedikit negatif, artinya kalsium yang dikeluarkan lebih banyak dari yang diserap.

Pada penelitian lain, apabila pasien dengan gangguan fungsi ginjal mengkonsumsi suplementasi kalsium dengan total asupan 2000 mg per hari, didapatkan balance kalsium yang sedikit positif, artinya kalsium yang diserap, lebih banyak dari yang dikeluarkan. Balance kalsium yang positif ini, jika berkepanjangan, dapat berisiko untuk mengakibatkan efek samping hiperkalsemia (kadar kalsium yang terlalu tinggi), yang dapat berakibat komplikasi yang mengganggu fungsi jantung dan saraf.

Idealnya, pada orang dewasa dengan gangguan fungsi ginjal, diharapkan untuk mencapai balance kalsium yang seimbang, artinya jumlah kalsium yang masuk sama dengan yang keluar. Oleh karena itu, suplementasi kalsium pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal tetap bermanfaat, tetapi jangan berlebihan. Sebaiknya batasi suplementasi kalsium pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal agar tidakl ebih dari 1 – 1,2 g per hari.

Lebih penting dari mengkonsumsi suplementasi kalsium, adalah control dan berkonsultasi secara rutin dengan dokter Anda. Karena kebutuhan kalsium untuk setiap orang, dan setiap tahap gangguan fungsi ginjal bias berbeda, maka penting sekali Anda kontrol, konsultasi dan mengikuti saran yang disampaikan oleh dokter. Salam sehat untuk kita semua. 

 

 

Daftar Pustaka :

Taksande SR, Worcester EM.Calcium supplementation in chronic kidney disease. Expert Opin Drug Saf. 2014 Sep;13(9):1175-85. doi: 10.1517/14740338.2014.937421.

 

Daftar Gambar:

https://fullscript.com/blog/supplement-forms