POLA HIDUP PASIEN DENGAN SATU GINJAL

Setiap orang memiliki sepasang ginjal di dalam tubuhnya, yang terletak di dinding otot bagian belakang rongga perut sebelah kanan dan kiri. Ginjal sebelah kiri sedikit lebih tinggi dari yang kanan. Ginjal dilindungi oleh tulang rusuk, otot punggung dan juga jaringan lemak yang berfungsi sebagai bantalan pelindung. Bentuk ginjal menyerupai kacang yang berukuran sekepalan tangan. Akan tetapi ada juga orang yang hanya memiliki satu ginjal. Hal ini dapat disebabkan oleh :

- Kelainan bawaan dari lahir, yang dalam dunia kedokteran disebut dengan renal agenesis.

- Adanya sumbatan (seperti batu ginjal), tumor, dan trauma yang menyebabkan kerusakan ginjal dan harus dilakukan pengangkatan ginjal atau nephrectomy.

- Donor ginjal

Orang yang hidup dengan satu ginjal tetap dapat beraktivitas layaknya dengan dua ginjal. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapat mempertahankan sisa ginjal yang ada:

1. Diet seimbang

Selama tidak ada gangguan fungsi ginjal maka diet yang dilakukan adalah diet seimbang. Jika terjadi penurunan fungsi ginjal maka dietnya sesuai dengan diet pada pasien dengan Penyakit Ginjal Kronik (PGK).

2. Olahraga secara rutin dan teratur.

Tidak ada olahraga khusus yang direkomendasikan, hanya saja disesuaikan dengan kemampuan dan kekuatan tubuh. Olahraga dapat dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu.

3. Hindari merokok, minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang

Hal ini dapat memperburuk fungsi ginjal karena kandungan toksin di dalamnya yang kebanyakan akan diekskresi melalui ginjal. Selain itu, merokok juga dapat  menurunkan elastisitas pembuluh darah sehingga alilran darah menjadi tidak lancar.

4. Pemeriksaan kesehatan secara berkala

Pemeriksaan yang direkomendasikan mulai dari pemeriksaan fisik hingga laboratorium. Untuk pemeriksaan fisik yang wajib dilakukan adalah berat badan dan tekanan darah, sedangkan untuk pemeriksaan laboratorium seperti fungsi ginjal (ureum, kreatinin, laju filtrasi ginjal), kadar gula darah dan profil lemak. Pemeriksaan dapat dilakukan setiap 6-12 bulans ekali. 

5. Konsulatsi keahlinya

Jika merasakan kondisi yang tidak seperti biasanya atau ada gangguan dari pemeriksaan kesehatan segera konsultasi kedokter. 

 

Daftar Pustaka :

1. Robson L. The kidney – an organ of critical importance in physiology. J Physiol. 2014; 592(18): 3953–4.

2. Life with a Single Kidney. Kidney Health Australia [Internet]. 2016 Agustus [cited 2019 June 17]. Available from:https://kidney.org.au/cms_uploads/docs/life-with-a- single-kidney-fact-sheet.pdf.

3. Living With One Kidney. National Kidney Foundation [Internet]. 2019 [cited 2019 June 17]. Available from:https://www.kidney.org/atoz/content/onekidney. 

 

Sumber Gambar :

https://www.indiatvnews.com/lifestyle/news-switch-to-these-5-habits-for-better-lifestyle-and-longer-life-471641