PROTEIN YANG PENTING BAGI PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh penderita penyakit ginjal kronik (PGK), karena protein berfungsi untuk memperbaiki jaringan atau sel-sel yang rusak. Protein sendiri disusun oleh suatu struktur yang disebut dengan asam amino. Terdapat 2 jenis asam amino, yaitu asam amino non-esensial dan esensial. Asam amino non-esensial adalah asam amino yang dapat dibentuk oleh tubuh. Sedangkan asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh, sehingga membutuhkan asupan dari luar. Salah satu contoh asam amino esensial adalah asam amino rantai cabang (AARC) atau sering juga disebut dengan BCAA. AARC sendiri terdiri dari 3 jenis asam amino esensial yaitu valin, leusin, dan isoleusin. AARC banyak ditemukan di dalam otot.

 

Pada penderita PGK, jumlah AARC di dalam tubuh menurun yang disebabkan karena asupan makanan yang berkurang atau bisa juga terbuang pada saat dialisis. AARC mempunyai peranan penting pada penderita PGK yaitu untuk meningkatkan pembentukan protein sehingga dapat mencegah hilangnya masa otot, memperbaiki status nutrisi, meningkatkan sistem imun dan nafsu makan. AARC banyak ditemukan pada makanan seperti susu, putih telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan. Konsultasikan ke dokter atau ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan AARC Anda yang sesuai dengan rekomendasi.

 

Daftar Pustaka

1.         Tamanna N, Mahmood N. Emerging Roles of Branched-Chain Amino Acid Supplementation in Human Diseases. International Scholarly Research Notices         2014.

2.         Canno NJM. Branched-Chain Amino-Acid Metabolism in Renal Failure. Journal of Renal Nutrition 2009;19:22–4.

3.         Sowers S. A Primer On Branched Chain Amino Acids. [Internet]. [cited 2018 December 3rd]. Available from: https://www.huhs.edu/literature/BCAA.pdf

 

Sumber Gambar

https://www.vixendaily.com