CUCI DARAH/ HEMODIALISIS (HD) DITANGGUNG OLEH BPJS KESEHATAN

BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan kepada peserta, hampir semua jenis penyakit ditanggung BPJS, termasuk untuk cuci darah/ hemodialisis (HD). Layanan cuci darah dengan bpjs ini dapat digunakan oleh Peserta BPJS baik yang terdaftar di kelas 1 , kelas 2 atau kelas 3, yang penting dalam status aktif (tidak ada tunggakan) dan mengikuti prosedur berobat.

Pasien HD dapat memanfaatkan jaminan kesehatan ini di unit HD yang menjadi provider BPJS Kesehatan. HD yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan sebanyak 2 kali seminggu. Apabila ada indikasi medis tertentu, prosedur HD dapat dilakukan sebanyak 3 kali seminggu.

Cara Mendaftar Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

Pendaftar dapat datang ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat atau melakukan pendaftaran secara online.

Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan antara lain:

  1. KK (kartu keluarga)

  2. KTP (kartu tanda penduduk) yang masih belaku

  3. Kartu NPWP

  4. Alamat Email dan No HP anda

  5. Nomor Rekening Penanggung yang digunakan untuk pembayaran iuran

Untuk pendaftaran secara online, dapat diakses di: https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/

Adapun persyaratan dan ketentuan bagi pendaftar yang menggunakan pendaftaran online tersebut antara lain:

  1. Pengguna Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan harus memiliki usia yang cukup secara hukum untuk melaksanakan kewajiban hukum yang mengikat dari setiap kewajiban apapun yang mungkin terjadi akibat penggunaan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan.

  2. Mengisi dan memberikan data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan,

  3. Mendaftarkan diri dan anggota keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

  4. Membayar iuran setiap bulan selambat-lambatnya tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan.

  5. Melaporkan perubahan status data peserta dan anggota keluarga, perubahan yang dimaksud adalah perubahan fasilitas kesehatan, susunan keluarga/jumlah peserta, dan anggota keluarga tambahan.

  6. Menjaga identitas peserta (Kartu BPJS Kesehatan atau e ID) agar tidak rusak, hilang atau dimanfaat oleh orang yang tidak berhak.

  7. Melaporkan kehilangan dan kerusakan identitas peserta yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan kepada BPJS Kesehatan.

  8. Menyetujui membayar iuran pertama paling cepat 14 (empat belas) hari kalender dan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender setelah menerima virtual account untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan kesehatan.

  9. Menyetujui mengulang proses pendaftaran apabila:
    • Belum melakukan pembayaran iuran pertama sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kalender sejak virtual account diterima; atau
      b) Melakukan perubahan data setelah 14 (empat belas) hari kalender sejak virtual account diterima dan belum melakukan pembayaran iuran pertama.

    • Melakukan perubahan data setelah 14 (empat belas) hari kalender sejak virtual account diterima dan belum melakukan pembayaran iuran pertama.

  10. Menyetujui melakukan pencetakan e-id sebagai identitas peserta.

  11. Perubahan susunan keluarga dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat.

 

Langkah-langkah pendaftaran online tersebut:

  1. Memastikan perangkat komputer/ perangkat mobile Anda terkoneksi dengan sambungan internet.

  2. Masukkan link: https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/ di browser Anda (misal: Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla, dll).

  3. Di layar computer/ mobile Anda akan muncul tampilan seperti di bawah ini, yaitu: "Pernyataan menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan.



  4. Silahkan membaca keseluruhan syarat dan ketentuan tersebut. Apabila seluruh syarat dan ketentuan tersebut diterima dan disetujui, maka Anda dapat mengklik kotak “* Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan” pada bagian kiri bawah. Lalu akan muncul tanda centang (“√”) pada kotak tersebut.

  5. Setelah itu, silahkan mengklik “Pendaftaran→” pada bagian kanan bawah.

  6. Lalu akan muncul tampilan seperti berikut:



  7. Anda diwajibkan untuk mengisi :
  • Jenis kepesertaan, silahkan dipilih sesuai dengan jenis kepesertaan pendaftar:

    Pekerja Bukan Penerima Upah

    Pekerja Bukan Penerima Upah adalah setiap orang yang bekerja atau berusaha sendiri atas risiko sendiri.

    Bukan Pekerja

    Bukan Pekerja adalah setiap orang yang mendaftarkan diri menjadi Peserta BPJS Kesehatan bukan sebagai Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah atau Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah.

    Apabila Anda memilih jenis kepesertaan ini, Anda harus memilih Sub Jenis Kepesertaan, yaitu: Kelompok Investor, Kelompok Pensiun Swasta atau Pemberi Kerja.

  • Nomor Kartu Keluarga

    • Sebelum mengisi Nomor Kartu Keluarga, pendaftar harus mengklik "? Dengan ini saya menyatakan untuk mendaftarkan diri beserta Anggota Keluarga".

    • Kemudian, pendaftar dapat memasukkan Nomor Kartu Keluarga dan isi kolom captcha sesuai kode captcha yang tertera. Setelah itu, klik "↑ Inquery Kartu Keluarga".

    • Sistem akan memvalidasi Nomor Kartu Keluarga yang Anda masukkan. Apabila Nomor Kartu Keluarga yang Anda masukkan benar, maka kemudian akan muncul list anggota keluarga dalam kartu keluarga tersebut.

    • Apabila ada anggota keluarga yang sebelumnya telah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, silahkan masukkan nomor kepesertaan di kolom ”Nomor Kartu Terdaftar” dan akan divalidasi secara sistem.

Kemudian klik "Proses Selanjutnya →"

Silahkan mengisi data diri yang diperlukan.

Apabila ada yang ingin Anda tanyakan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di nomor telpon: 1500 400. Layanan ini dapat melayani selama 24 jam.

DISCLAIMER

Informasi ini adalah informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, apabila ada perbedaan, maka yang berlaku adalah informasi/ prosedur terkini dari BPJS Kesehatan dan/ atau unit HD yang bersangkutan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Apakah Cuci Darah Ditanggung BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan [Internet]. [cited 2016 December 27th]. Available from: https://www.panduanbpjs.com/apakah-cuci-darah-ditanggung-bpjs-kesehatan/

Daftar BPJS Kesehatan Online. BPJS Kesehatan [Internet]. [cited 2016 December 27th]. Available from: https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/